Friday, January 7, 2011

Informasi mengenai Zero Client – About Zero Client

Kemarin kami mencoba produk yang dikenal dengan Zero Client, apakah produk tersebut menjadi pertanyaan bagi kami. Dengan adanya open house membuka wawasan kami mengenai hal tersebut, dan kami hendak membaginya dengan teman-teman.

Definition Zero Client : the latest trend of "vritualization" technology in desktop / workstation area, which has purpose to reduce footprint computing [when i write this article]

image


Mekanisme ini membuat PC hanya berupa monitor, keyboard dan mouse saja, dimana os dan system semuanya berada di server (secara virtual).

Namun sayangnya waktu kami mencoba produk ini hanya tersedia dalam jaringan lan saja, belum support wifi.

image

Dan terkadang terasa ngelack untuk melakukan suatu aktivitas, dimana ini berhubungan dengan network bandwith yang digunakan.

Tampilan samping technology ini adalah sebagai berikut :

image 

Tampilan belakang :

image



Sebenarnya teknologi ini bagus dalam menghemat power, resource serta mendukung green IT, dan sangat cocok digunakan untuk bagian admin.

Kalau untuk aktivitas programming dan multimedia teknologi ini masih sangat muda dan masih sangat membutuhkan improvement (selain teknologi network juga harus diimprove pula)

Server yang kami gunakan adalah sebagai berikut ini :

image


Dimana server ini mengandung os2 secara virtual (yang bisa disetting didalam server tersebut).

Teknologi ini memungkinkan semua aplikasi dan data tersimpan diserver, dan juga bisa dicopykan ke local storage (misal pendrive).

Dilihat dari trendnya hal ini akan berkembang jika didukung dengan infrastruktur yang baik pula.



No comments: