Wednesday, November 18, 2009

Menggunakan NDepend Tool untuk Audit Code Layering

Sepintas dalam pemikiranku, aku membutuhkan tool yang bisa menjelaskan code layering dari aplikasi project yang merupakan peninggalan dari senior-seniorku, bertanya-tanya dengan teman, akhirnya aku mendapatkan tool tersebut “Ndepend”

menurut saya tool ini sangat berguna, selain bisa menganalisa dari file dll juga bisa menganalisa dari file exe, ini saya sertakan imagenya, sehingga memudahkan visualisasi kita dalam mengenal tool tersebut

Open file yang akan dianalisa :
Ndepend01


Matrix view berdasarkan layer
Ndepend02 

Grafik view, disini kita bisa secara langsung melihat flow bussiness yang digunakan secara langsung, very usefull
Ndepend03

Project view, disini kita bisa mengetahui reference mana saja yang digunakan dalam file tersebut, jadi kalau ada reference yang tidak digunakan dalam project, kita bisa meremovenya, lumayan bisa membuat performance aplikasi menjadi lebih baik
Ndepend04

Metric view, disini kita dapat melihat berapa besar module / class yang didefine dicoding, jadi bisa melihat secara global module-module mana yang besar dalam suatu project
Ndepend05 

Pendapat saya tool ini saya berguna, dan saya merekomendasikan untuk digunakan dalam suatu IT project, semoga membantu :D

ps: tool ini dapat didownload dari link …
http://www.ndepend.com/NDependDownload.aspx

No comments: