Terlebih dahulu kita harus mengetahui definisi dari KM itu sendiri, dari berbagai macam pendapat KM didefinisikan sebagai berikut :
▪ KM is about systems and technologies ▪ KM is about people and learning organizations
▪ KM is about processes, methods and techniques
▪ KM is about managing knowledge assets
▪ KM is a holistic initiative across the entire organization
Knowledge yang efektif adalah knowledge yang berasal dari proses pembelajaran [perubahan informasi menjadi pengetahuan]. Faktor-faktor tersebut dapat membentuk budaya knowledge berjalan dengan sebagaimana mestinya.
Dalam best practisenya KM dapat dibentuk dalam struktur berikut ini :
- Core values
- Structural support
- Enacted values
- Interaction with colleagues
Dan tahapan dalam membentuk sistem KM yang baik adalah :Dalam best practisenya KM dapat dibentuk dalam struktur berikut ini :
- Core values
- Structural support
- Enacted values
- Interaction with colleagues
1. Menentukan hal-hal yang dibutuhkan oleh sistem
2. Menentukan sistem yang akan diterapkan
3. Kejelasan dari speksifikasi sistem
4. Mengevaluasi sistem yang berpotensi
5. Memilih pilihan yang paling baik
6. Mengimplement sistem yang telah ditetapkan
7. Mengevaluasi sistem yang telah diimplementasi
Semoga pembahasan ini membantu kalian dalam memahami KM secara lebih baik lagi.
No comments:
Post a Comment